Serunya Pelihara Musang yang Manja

Bookmark and Share


http://images.detik.com/content/2013/02/15/486/komunitasmusang.jpg 

- Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang manja, tapi ternyata selain kucing, musang juga cukup manja. Seperti yang dikisahkan Arya, Ketua Musang Bandung Community (MBC) kepada detikbandung.

Menurut Arya, dirinya memilih musang untuk dipelihara karena selain eksotik, memelihara musang memiliki tantangan yang lebih seru.

"Musang termasuk hewan yang sulit dijinakkan. Tapi ternyata bisa asal masih berusia sekitar 1,5 hingga 3 bulan. Kalau di atas itu sudah sulit dijinakkan," tutur Arya.

Arya sendiri memiliki 3 jenis musang di kediamannya, yakni berang-berang, musang pandan, dan musang akar. Salah satu kesayangannya yakni berang-berang bernama 'Bapau'.

"Kalau dari perawatan, musang lebih gampang karena omnivora. Segala dimakan, batagor, nasi, gorengan, tempe, tahu, mereka mau. Makannya cukup rakus tapi mau apa saja," terang Arya.

Sama halnya manusia, hewan pun tidak suka dikasari. Meskipun musang memang termasuk binatang yang kerap mengigit dan memiliki gigi yang cukup tajam, namun musang tidak suka jika dikasari.

"Musang ini ga bisa dikasari, mereka akan semakin galak kalau dikasari. Suka dielus-elus dan lebih manja. Kalau sudah jinak, musang jenis berang-berang juga nurut sama pengasuhnya," terang Arya.

Bersama komunitas MBC, Arya dan teman-temannya igin ikut melestarikan musang yang ada di Indonesia. Setiap akhir pekan, komunitas ini kerap berbagi ilmu soal perawatan, dan bagaimana cara menjinakkan musang.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

Unknown said...

Apa MBC masi suka kumpul /gathering rutin @ tegalega trm

Post a Comment